Al Khaliq Artinya Dalam Al-Qur’an Dan Cara Meneladaninya

Al Khaliq Artinya Dalam Al-Qur’an Dan Cara Meneladaninya – Berdzikir kepada Alloh SWT. merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Dalam 24 jam hidup manusia setiap hari, ada banyak kesempatan yang bisa digunakan untuk berdzikir kepada Alloh SWT.

Baca juga artikel lain di : https://tasbihasmaulhusna.com/

Cara berdzikir yang paling sering dilakukan adalah sesaat setelah melakukan ibadah sholat fardhu. Setelah selesai sholat fardhu, sebaiknya Anda berdzikir kepada Alloh dengan membaca do’a-do’a. Selain membaca do’a, Anda juga bisa berdzikir dengan menyebutkan nama-nama sifat agung Alloh sebagai salah satu bentuk pujian pada Alloh.

Sifat-sifat Alloh yang dikenal dengan nama asmaul husna tentu bukan hanya sekedar sifat biasa seperti yang ada pada manusia. Salah satu asmaul husna yang dimiliki Alloh adalah Al-Khaliq. Sifat Al Khaliq artinya adalah Alloh Yang Maha Pencipta.

Sesuai dengan artinya, sifat Alloh ini menunjukkan bahwa Alloh memiliki kemampuan untuk menciptakan apapun sesuai kehendak-Nya. Bukti bahwa Alloh SWT. memiliki sifat ini adalah dengan terciptanya langit, awan, gunung, lautan, manusia, hewan, tumbuhan, udara, air, dan lain sebagainya.

Dalam bahasa arab, khaliq berarti mengukur dengan akurat, menciptakan sesuatu sesuai dengan pola, menciptakan sesuatu dari tidak ada menjadi ada. Inilah arti dari sifat Alloh jika dijabarkan secar logika manusia.

Proses penciptaan dari berbagai hal ciptaan Alloh tidak bisa dibayangkan atau diperhitungkan secara kasat mata berdasarkan logika manusia. Sifat Alloh Al Khaliq artinya Alloh sanggup menciptakan segala sesuatu dengan waktu dan cara yang dikehendaki oleh Alloh SWT.

Hasil ciptaan Alloh juga tidak bisa disetarakan dengan hasil ciptaan manusia. Alloh menciptakan segala sesuatu dengan hasil yang sempurna dan tidak ada yang bisa menandingi hasil ciptaan Alloh.

Meyakini bahwa Alloh memiliki sifat Al-khaliq merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari Alloh. Untuk mendapatkan keyakinan yang mendalam, Anda harus senantiasa menggunakan sifat Alloh ini sebagai salah satu bacaan dzikir Anda.

Anda bisa menggunakan alat pembantu seperti tasbih dzikir yang berjumlah sama dengan asmaul husna untuk mempermudah Anda saat berdzikir. Al Khaliq artinya Alloh Maha Pencipta, dengan meneladani sifat ini maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat bagi hidup Anda. Tentu hal ini juga berlaku saat Anda juga meneladani sifat Alloh yang lainnya.

APa Kegunaan Anda Membaca Al khaliq?

Meneladani sifat Alloh juga bisa Anda lakukan dengan selalu bersyukur atas segala ciptaan Alloh yang terhampar di muka bumi, menjaga dan tidak merusak segala ciptaan Alloh, serta meyakini bahwa Alloh akan menciptakan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan yang ada di muka bumi.

Sifat Alloh ini juga dijabarkan dalam beberapa ayat Al-Qur’an diantaranya surat Al-An’am : 102, surat Ya-Sin : 81, surat Az-Zumar : 62, dan surat Ghafir : 62. Dalam ayat-ayat tersebut dijelaskan bahwa Alloh sanggup menciptakan segala sesuatu menjadi bentuk apapun, menghancurkannya, dan menciptakannya kembali.

Sifat Alloh Al khaliq artinya Alloh adalah Sang Pencipta yang tidak tertandingi. Senantiasa berdzikir dan meyakini sifat Alloh adalah pembuka jalan untuk mendapatkan surga dari Alloh SWT.

 42 total views,  1 views today