Al Ahad Artinya Untuk Kehidupan Dan Cara Mengamalkannya

Al Ahad Artinya Untuk Kehidupan Dan Cara Mengamalkannya – Alloh SWT. memiliki 99 sifat yang disebut asmaul husna. Asmaul husna terdiri dari dua kata yakni asma dan husna. Asma memiliki arti nama atau sebutan, sedangkan husna sendiri memiliki arti indah. Dengan kata lain, asmaul husna bisa diartikan sebagai nama atau sebutan yang indah.

Baca juga artikel lain di : https://tasbihasmaulhusna.com/ 

Namun nama yang indah ini hanya berlaku bagi Alloh SWT. Nama-nama dalam asmaul husna ini menggambarkan sifat yang dimiliki oleh Alloh SWT. Dari 99 nama dalam asmaul husna salah satunya adalah Al-Ahad.

Al Ahad artinya adalah Alloh Yang Maha Esa. Al-Ahad menggambarkan sifat Alloh SWT. yang hanya ada satu tanpa ada yang bisa menyamai-Nya. Sifat Al-Ahad ini merupakan salah satu asma Alloh yang banyak diketahui oleh umat manusia.

Makna yang terkandung dalam Al-Ahad adalah bahwa Alloh hanya ada satu dan tidak ada yang bisa menandingi ataupun menyerupai-Nya. Dengan kata lain, asma Alloh ini menjelaskan bahwa Alloh hanya sendiri tanpa adanya makhluk yang sejajar dengan-Nya. Alloh tidak memiliki putra dan tidak juga diputrakan.

Alloh SWT. merupakan satu-satunya Dzat yang wajib disembah tanpa ada sembahan yang lain. Kata Al-Ahad sendiri hanya disebutkan sebanyak satu kali dalam Al-Qur’an. Kata Al-Ahad disebutkan dalam surat ke 112 yaitu surat Al-Ikhlas ayat 1.

Namun sifat Alloh ini disebutkan dalam surat lain dengan kata yang berbeda. Dalam bahasa Arab, Al Ahad artinya satu-satunya. Makna satu-satunya ini juga diartikan atau diterjemahkan menjadi kata lain seperti Al-Wahid.

Kata Al-Wahid ini tercantum dalam salah satu kalam Alloh yaitu surat Al-baqarah ayat 163 yang menyebutkan bahwa tuhan umat manusia adalah Alloh Yang Maha Esa. Selain itu dalam ayat ini juga dijabarkan bahwa tidak ada makhluk lain yang patut disembah atau disetarakan dengan Alloh.

Sifat Alloh ini tentu harus diyakini dalam hati dan pikiran. Dengan meyakini sifat-sifat agung Alloh, maka umat manusia bisa mendapatkan jalan menuju surga Alloh. Tentu setelah Anda meyakini sifat Alloh ini, Anda juga harus dibuktikan dengan akhlak yang baik.

Pembuktian bahwa Anda percaya Al Ahad artinya Esa adalah dengan mempercayai bahwa Alloh hanya ada satu serta senantiasa beribadah dengan tujuan mendapatkan ridha dari Alloh. Selain itu Anda juga harus membuktikan dengan tidak menyembah atau menghambakan diri selain kepada Alloh SWT, dan senantiasa menyebut nama asma-Nya di setiap waktu.

Salah satu bentuk sederhana dari pembuktian ini adalah dengan menyebut Asma Alloh di setiap dzikir yang dilakukan selepas sholat fardhu. Anda bisa menggunakan tasbih asmaul husna untuk memastikan tidak ada Asma Alloh yang terlewat.

Meyakini bahwa Al Ahad artinya adalah Esa atau Tunggal berarti Anda juga telah meyakini bahwa langit, bumi, beserta seluruh isinya hanya diciptakan untuk sujud atau patuh pada satu dzat yaitu Alloh SWT. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka Anda telah melangkah lebih maju untuk mendapatkan surga Alloh SWT.

 

 47 total views,  1 views today