Al Mumit Artinya Dalam Al-Qur’an

Al Mumit Artinya Dalam Al-Qur’an – Memahami nama-nama Alloh merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Dengan memahami makna dari nama Alloh, Anda bisa lebih memahami cara yang tepat untuk lebih mendekatkan diri pada Alloh.

Alloh SWT. memiliki 99 nama yang menunjukkan sifat-sifat yang dimiliki-Nya. Salah satu nama Alloh dalam diantara 99 asmaul husna adalah Al-Mumit. Secara singkat, Al mumit artinya adalah Yang Maha Mematikan.

Sifat ini menunjukkan bahwa Alloh memiliki kemampuan untuk mematikan setiap makhluk hidup yang dikehendaki-Nya. Sifat Al-Mumit ini merupakan lawan dari sifat Al-Mahya yang juga dimiliki oleh Alloh SWT.

Al-Mahya merupakan sifat Alloh yang berarti Yang Maha Menghidupkan. Jika Alloh sanggup menghidupkan apapun saat Alloh berkehendak, tentu Alloh SWT. juga sanggup melakukan hal yang berbalikan dengan sifat tersebut yakni mematikan.

Saat Alloh berkehendak, maka Alloh SWT. bisa mematikan seluruh makhluk hidup dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun. Sifat ini wajib Anda ketahui agar Anda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian yang ditentukan oleh Alloh.

Dalam bahasa Arab, Al Mumit artinya adalah mati, meninggal dunia, habis, dan menjadi tak bernyawa. Selain itu Al Mumit juga diartikan sebagai menjadi tenang, tetap, serta kurangnya kehidupan spiritual.

Anda akan kesulitan jika mencari dalil mengenai Al-Mumit karena sifat ini tidak disebutkan secara gamblang dalam Al-Qur’an. Namun sifat Alloh ini dijelaskan secara tidak langsung dalam beberapa ayat Al-qur’an , diantaranya dalam surat Al-Hadid ayat 2 yang menjelaskan bahwa seluruh kerajaan langit dan bumi adalah milik Alloh, sehingga Alloh memiliki kekuasaan atas segala sesuatu termasuk kehidupan dan kematian.

Apa Al mumit artinya?

 Ayat Al-qur’an lain yang juga menjabarkan sifat Agung Alloh ini ialah surat Al-A’raf ayat 34 yang menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki batas waktu kehidupan masing-masing dan manusia tidak akan bisa menghindar jika Alloh menetapkan batas waktu tersebut selesai dan manusia tersebut harus menghadapi kematian.

Dalam kedua kalam Alloh SWT. tersebut jelas dinyatakan bahwa ajal setiap makhluk hidup ada di tangan Alloh SWT. Jika Anda meyakini sifat-sifat agung Alloh, maka hendaknya Anda senantiasa berusaha untuk memahami dan meneladani sifat tersebut.

Agar Anda memahami, menerima, dan meneladani sifat Agung Alloh ini, Anda bisa melakukan berbagai cara salah satunya dengan berdzikir seraya menyebut Asma Alloh ini. Al Mumit artinya Yang Maha Mematikan, maka dengan Anda memahami dan senantiasa berdzikir dengan menyebut Asma Alloh ini niscaya Anda akan semakin memahami dan menerima segala takdir yang berkaitan dengan kematian.

Bukan hanya menerima takdir, dengan senantiasa mengingat dan menyebut Asma Alloh ini Anda juga akan semakin bersemangat untuk terus melakukan amal dan kebaikan dengan harapan saat ajal menjemput Anda memiliki banyak tabungan pahala. Anda bisa melakukan dzikir setelah melaksanakan sholat menggunakan tasbih Asmaul Husna dan menyebut seluruh sifat agung yang dimiliki Alloh.

Sifat Agung Alloh Al mumit artinya adalah Yang Maha Mematikan. Dengan melakukan berbagai amal dan senantiasa berdzikir seraya menyebut asma Alloh ini, maka Anda akan semakin dekat dengan jalan menuju surga.

 59 total views,  1 views today